Cara Merawat Kain/Baju Batik

Bagaimana caranya merawat kain batik supaya warnanya tidak cepat pudar? Tips berikut bisa anda terapkan supaya koleksi pakaian batik yang anda miliki bisa lebih terawat dan terjaga keawetannya khususnya supaya warna kain batiknya tidak cepat luntur atau pudar.

1. Hindari penggunaan mesin cuci/mesin pengering.

Untuk mencuci kain batik sebaiknya hindari penggunaan mesin cuci/mesin pengering karena bisa menyebabkan warna kain batik lebih cepat memudar. Cukup rendam di air hangat sebentar (tidak disarankan merendam kain batik dalam jangka waktu lama) dan kucek seperlunya jika harus mencuci kain batik.

2. Pisahkan dengan pakaian lainnya terutama pada pencucian pertama.

Pada saat pencucian pertama biasanya warna kain batik akan sedikit luntur. Rendam sebentar menggunakan air hangat dan pisahkan dari pakaian lainnya supaya tidak terkena sisa warna kain batik.

3. Jangan menggunakan deterjen biasa, pemutih dan bahan kimia sejenisnya.

Deterjen biasa memiliki sifat yang cukup keras dalam membersihkan kotoran di baju. Oleh karena itu, penggunaan deterjen biasa tersebut juga dapat menyebabkan kain batik cepat memudar. Gunakan deterjen/sabun khusus untuk kain batik atau bisa juga menggunakan shampoo yang dilarutkan di air untuk merendam kain batik. Anda bisa juga menggunakan sabun mandi/ kulit jeruk untuk membersihkan noda yang ada di kain batik. 

4. Tidak perlu diperas dan hindari penjemuran dibawah matahari langsung.

Setelah direndam kain batik sebaiknya tidak perlu diperas. Jemur kain batik di tempat yang teduh (tidak terkena matahari langsung). 

5. Hindari menyetrika langsung di bagian luar kain batik. 

Pada saat penyetrikaan, sebaiknya setrika bagian dalam kain batik atau gunakan kain pelapis terlebih dahulu.

Sayangi kain batik anda dengan merawatnya dengan benar.

Close

butiknayyara.id

Toko Online Busana Muslim Wanita

Close

Sign in

Close

Cart (0)

Cart is empty No products in the cart.

butiknayyara.id

Toko Online Busana Muslim Wanita