Obras 3 Benang vs Obras 4 Benang

Setelah kita sempat membahas teknik french seam (kampus perancis) /stik balik di artikel sebelumnya, kali ini kita akan mengupas teknik obras yang sudah umum dipakai oleh penjahit untuk finishing/merapikan bagian kampuh pakaian (bagian antara garis pola jahit dengan bagian tepi kain). Teknik obras merupakan salah satu teknik jahitan yang digunakan untuk merapikan ujung/tepi kain supaya benang kain tidak terurai sekaligus mempercantik finishing bagian tepi kain.Meskipun letaknya tersembunyi (di bagian dalam pakaian), jahitan obras memiliki peranan penting dalam mendukung keindahan dan kekuatan jahitan. Ada beberapa komponen yang harus diperhatikan dalam mendukung jahitan obras, antara lain mesin obras, pengaturan mesin obras dan benang yang digunakan.

Ada berbagai macam tipe mesin obras yang biasa digunakan untuk melakukan jahitan obras mulai dari mesin obras portable sampai dengan mesin obras indusri, ada juga yang menggunakan tiga benang, empat benang bahkan lima benang. Berbagai macam bentuk mesin obras bisa dilihat dari gambar dibawah ini.

Mesin Obras 5 Benang (source: jahitku.com)
Mesin Obras 5 Benang (source: jahitku.com)
Mesin Obras Portabel (source : jahitku.com)
Mesin Obras Portabel (source : jahitku.com)
Mesin Obras 3 Benang (source: jahitku.com)
Mesin Obras 3 Benang (source: jahitku.com)
Mesin Obras 4 Benang (source: jahitku.com)
Mesin Obras 4 Benang (source: jahitku.com)

Industri fashion yang memproduksi pakaian (konveksi/garmen) biasanya akan menggunakan mesin obras industri yang memiliki kecepatan tinggi (high speed) sehingga bisa mempercepat proses obras. Selain pemilihan mesin obras yang berkualitas, faktor lain yang tidak kalah penting adalah cara pengaturan mesin obras tersebut karena akan mempengaruhi kerapatan dan kekuatan obrasan. Untuk efisiensi, sebagain besar konveksi/garmen akan lebih memilih menggunakan obras 3 benang dengan tingkat kerapatan yang tidak terlalu rapat. Hal tersebut dilakukan untuk menghemat biaya karena akan menghemat penggunaan benang. Selain pengaturan mesin obras, pilihan benang obras yang digunakan juga akan mempengaruhi kualitas jahitan obras. Ada berbagai macam merk/tipe benang obras tapi yang umum digunakan adalah benang polyester yang bentuknya berbeda dengan benang jahit. Kalau dilihat lebih detil, benang obras lebih halus/berserabut dibandingkan benang jahit. Harga benang obras pun jauh lebih murah dibandingkan dengan benang jahit. Biasanya benang obras dijual dalam ukuran/cone besar sehingga penjahit tidak perlu terlalu sering mengganti benang. Kualitas benang obras juga berbanding lurus dengan harganya, makin bagus kualitasnya makin mahal harganya.Benang obras dengan kualitas buruk akan lebih rapuh dan mudah putus sehingga lebih rentan jika digunakan untuk jahitan obras. 

(source: sewcratic.com)

Pemilihan kualitas dan kuantitas benang obras tentu saja menjadi salah satu faktor penting yang harus diperhatikan dalam produksi pakaian. Kembali lagi, dengan alasan efisiensi dan penghematan biaya, industri fashion akan lebih memilih menggunakan obras 3 benang yang full menggunakan benang obras. Lalu, bagaimana dengan obras di butiknayyara.id? Untuk menjaga kualitas, beberapa produk kami akan menggunakan obras 4 benang dengan komposisi 2 benang jahit dan 2 benang obras. Dari sisi biaya, penggunaan 4 benang dengan 2 benang jahit dan 2 benang obras tentu saja akan menambah biaya produksi tapi dari sisi kualitas, keindahan dan kekuatan tentu saja obras 4 benang (2 benang jahit plus 2 benang obras) akan menang banyak dibandingkan obras 3 benang. Silahkan dilihat perbandingan obras 3 benang dengan obras 4 benang pada gambar di bawah ini :

Lihat detail gambar diatas, lebih rapi dan kuat obras 4 benang kan? Salah satu ciri untuk mengidentifikasi obras 4 benang adalah adanya 2 jahitan horizontal. Di butiknayyara.id, dua jahitan horizontal itulah yang menggunakan benang jahit makanya kalau dilihat lebih detil akan ada sedikit perbedaan warna antara benang vertikal (benang obras) dan horizontal (benang jahit) karena adanya perbedaan penggunaan benang. Produk fashion yang menggunakan obras 4 benang biasanya akan dihargai lebih mahal dibandingkan produk fashion yang menggunakan obras 3 benang. Tentu saja hal tersebut wajar karena dari sisi biaya produksi, produk dengan obras 4 benang akan membutuhkan lebih banyak benang dibandingkan produk dengan obras 3 benang. Nah, di butiknayyara.id, anda tidak perlu khawatir dengan harga, di kami produk-produk dengan obras 4 benang ini akan tetap dijual dengan harga bersahabat. Mau memakai baju dengan obras 4 benang ? Silahkan dibaca detil deskripsinya ya, kalau ada keterangan obras 4 benang berarti produk tersebut mengunakan obras 4 benang. 

Close

butiknayyara.id

Toko Online Busana Muslim Wanita

Close

Sign in

Close

Cart (0)

Cart is empty No products in the cart.

butiknayyara.id

Toko Online Busana Muslim Wanita