Cara Aman Belanja Online

Saat ini semakin banyak toko online yang menjual pakaian/baju wanita di media sosial seperti facebook atau instagram, di market place seperti shopee, bukalapak dan tokopedia ataupun melalui web yang dimiliki sendiri oleh toko online tersebut. Jika anda termasuk yang sering berbelanja online khususnya membeli produk fashion/pakaian wanita termasuk busana muslimah seperti blus, tunik, gamis, rok atapun kulot, beberapa tips berikut bisa membantu anda supaya bisa belanja online dengan nyaman, aman dan tidak terkena penipuan.

1. Belanjalah di toko online yang sudah terkenal dan terpercaya.

Cara aman pertama untuk belanja online adalah berbelanja di toko online yang sudah terkenal dan terpercaya. Biasanya toko online tersebut sudah berdiri sejak lama atau memiliki banyak pengikut/follower di media sosialnya. Nama toko online/brand-nya pun biasanya tidak asing di telinga kita. Jangan pernah ragu untuk berbelanja di toko online yang sudah terkenal karena mereka biasanya sudah berpengalaman dan terpercaya di mata para konsumennya.

2. Cek detail media sosial toko online.

Jika anda tertarik pada produk yang di jual oleh toko online yang belum terkenal, maka anda harus lebih berhati-hati dalam memutuskan untuk membeli produk tersebut. Saat ini banyak akun toko online penipu yang berseliweran di media sosial dan sudah banyak yang menjadi korban dari akun-akun penipu tersebut. Untuk menghindari penipuan dari toko-toko online berbasis media sosial ini, anda harus memperhatikan beberapa hal  berikut:

a. Cek jumlah dan detail pengikut/follower toko online.

Jumlah pengikut/follower toko online yang banyak belum tentu jaminan bahwa toko online tersebut bisa dipercaya karena saat ini jasa penambah follower banyak berkeliaran. Tapi jumlah follower yang banyak tentu saja bisa jadi referensi yang lebih aman dibandingan jumlah pengikut/follower yang sedikit dengan catatan anda harus juga mengecek detail follower mereka. Follower toko online yang palsu biasanya akan berisi akun-akun kloningan yang tidak jelas. Anda juga bisa cek jumlah like dan komentar di postingan mereka. Jika follower banyak tapi jumlah like atau komentar di postingannya sedikit maka diragukan keaslian follower toko online tersebut.

b. Cek foto produk.

Toko online penipu biasanya akan memuat banyak foto yang bukan fotonya sendiri. Biasanya mereka akan menggunakan foto-foto dari toko online lain. Mereka akan banyak memposting foto-foto produk yang tidak seragam format ataupun tampilannya. Banyaknya dan seringnya postingan foto produk harus menjadi kecurigaan tersendiri karena bisa jadi mereka hanya menjual foto saja tapi tidak memiliki produknya karena logikanya dibutuhkan modal yang banyak jika ingin menjual banyak varian produk setiap hari.

c. Cek dan tanyakan detail deskripsi produk.

Toko online penipu biasanya hanya menjual foto bukan produk. Mereka biasanya tidak mengetahui detail produk yang mereka jual atau hanya mendeskripsikan ala kadarnya tentang suatu produk. Anda harus menanyakan detail produk untuk mengetahui bahwa toko online tersebut memang memiliki produk tersebut misalnya dengan menanyakan detail bahan dan ukuran suatu produk.

d. Cek komentar-komentar di postingan sebelumnya.

Di postingan toko online terpercaya biasanya terdapat komentar yang berisi pertanyaan maupun review dari layanan toko online tersebut. Anda bisa mengecek komentar di postingan sebelumnya, apakah komentar yang bersifat pertanyaan dijawab oleh toko onlinenya atau ada review negatif dari konsumen sebelumnya. Toko online penipu biasanya akan segera menghapus komentar-komentar yang bersifat negatif jadi anda harus waspada dan curiga jika jarang ada komentar di postingan suatu toko online.

3. Jangan mudah tergiur harga murah dan foto bagus

Salah satu cara yang sering dilakukan toko online penipu untuk menjerat korban adalah dengan menampilkan foto produk yang bagus (hasil comot dari toko online lain) dan menawarkannya dengan harga yang sangat murah. Bila anda menemukan/melihat postingan/tawaran seperti itu, anda harus lebih berhati-hati dan waspada karena bisa jadi itu adalah penipuan.

4. Manfaatkan marketplace jika anda ragu belanja lewat media sosial atau website toko online.

Menggunakan marketplace sebagai sarana jual beli online merupakan salah satu cara yang bisa dilakukan untuk mecegah penipuan. Jika anda berbelanja online di marketplace, uang yang anda transfer ke marketplace belum akan diserahkan ke penjual sebelum produk yang anda pesan telah diterima dengan baik dan sesuai pesanan. Anda bisa mengajukan klaim dan refund ke marketplace jika anda tidak pernah menerima produk atau produk yang dikirimkan tidak sesuai pesanan.

Close

butiknayyara.id

Toko Online Busana Muslim Wanita

Close

Sign in

Close

Cart (0)

Cart is empty No products in the cart.

butiknayyara.id

Toko Online Busana Muslim Wanita